Latar Belakang

Dalam rangka menjamin mutu hasil pendidikan, Indonesia menerapkan model pendidikan berbasis kompetensi.  Wisata industri  ini di latar belakangi agar para siswa dapat mengetahui tentang dunia industri terutama industri sesuai pada jurusan yang ditempuh,  Selain itu juga untuk pengalaman dan wawasan tentang masalah-masalah yang bisa terjadi dalam suatu kehidupan baik khusus maupun umum. Kunjungan industri ini dapat mendorong mahasiswa agar lebih semangat belajar untuk dapat mencapai kesuksesan di masa yang akan datang atau setelah lulus kemudian.

Kependidikan kejuruan yang diharapkan peserta didik nantinya dapat memasuki dunia kerja  khususnya  dibidang  manajemen,  maka  dengan  adanya  kunjungan  industri  ini mahasiswa dapat mempunyai gambaran bila nanti akhirnya memasuki dunia kerja.

Untuk itu sangat tepat jika para pegiat pendidikan, UKM diarahkan untuk mengikuti program seperti ini. Tujuan diterapkannya model pendidikan yang dimaksud di atas adalah untuk memberikan nilai tambah bagi peserta diklat di SMK/SMA agar memiliki kemampuan kompetensi profesi yang memadai. Untuk jenjang yang lebih tinggi, yakni Perguruan Tinggi juga sangat bermanfaat untuk menambah wawasan serta bahan penelitian yang dibutuhkan. Sedangkan untuk jenjang SD hingga SMP, wisata industri juga memiliki banyak manfaat serta menambah pengetahuan, utamanya industri makanan dan minuman.